Teori Dasar Hongshui
BUMI ADALAH IBU , FILSAFAT YANG MENDASARI LAHIRNYA ILMU HONGSUI
Sejak adanya manusia, tidak dapat terlepas dari bunda bumi. Sandang pangan manusia tidak dapat
terlepas dari bunda bumi. Tidak perduli jaman purba , sekarang maupun akan datang manusia
tidak dapat terlepas dari bumi/tanah yang dipijaknya.
Posisi depan air belakang bukit di peradaban Lung Shan dan Yang Shao adalah hal yang umum
pada masa itu.
Pemilihan tempat dengan posisi itu menguntungkan dan memudahkan masyarakat purba untuk
bertahan hidup serta mengembangkan kebudayaannya.
Kelihatannya org2 purba sudah bisa memilih2 lingkungan yg nyaman utk ditinggali. Pengalaman
manusia purba yang berabad2 itu hingga mencapai satu taraf tertentu menimbulkan satu cabang
ilmu. Tapi hingga mencapai satu cabang ilmu masih memerlukan pedoman dan bimbingan dari
ilmu filsafat.
Perkembangan ilmu matematik (rumus Pythagoras yang terkenal itu lebih muda ratusan tahun
dibandingkan rumus yang sama yaitu rumus Zhou Gong)dan filsafat yang bebas pada masa Chun
Qiu dan Zhan Guo turut membantu perkembangan lahirnya cabang ilmu Hong Shui atau
Geomancy ini. Prinsip Yin Yang , teori Qi serta pemahaman struktur bumi memberikan pengaruh
luar biasa pada Hong Shui ini dan prinsip BUMI ADALAH IBU tetap memegang peranan dalam
ilmu Hong Shui. Tidak memahami filsafat jaman lampau tidak mungkin bisa mengerti HongShui
secara utuh.
1.1
Asal mulanya prinsip Yin Yang dan pengaruhnya terhadap ilmu Hong Sui
Jika tidak ada pengertian Yin Yang maka tidak ada pula ilmu Hong Shui dan budaya Hong Shui.
Filsafat Yin Yang dapat dilacak pada kitab Yi Jing. Pendapat mengenai masalah kapan timbulnya
kitab Yi Jing sudah terlalu banyak dan tidak perlu dibahas disini.
Tapi kita bisa melihat bahwa penjelasan Gua(trigram) dan Yao (monogram/garis asali pembentuk
yang berbasiskan pada yin dan yang) rata2 mengambil kisah pada masa dinasti Shang dan awal
Zhou.Sehingga ada kemungkinan kitab Yi Jing ini timbul pada masa dinasti Zhou barat. Walau
pendapat ini kadang ditentang orang2 banyak.
Yi Jing sendiri tidak pernah membahas 2 kata Yin Yang, tapi mencoba menggambarkan 2 sifat
yang bertolak belakang dengan -- __ dan mengaturnya sehingga berusaha mencoba menjelaskan
fenomena alam.
Idiogram YI JING adalah -- __ yang disebut Yin Yao dan Yang Yao. Setiap gabungan 3 Yao
disebut Gua. Perubahan2 3 Yao itu disebut BA GUA dan gabungan dari 2 gua itu
menghasilkan 64 GUA.
Yi Jing beranggapan bahwa YIN YANG itu adalah bumi dan langit, semua akar kehidupan dan
alam semesta(pendapat ini bisa dilihat dalam Dao De Jing dan kitab SiShu(kitab Confuciusm) dan
kitab2 klasik lainnya), manusia dengan alam tidak ada perbedaan , juga hasil dari 2 unsur awal.
Jika kita melihat secara utuh kitab Yi Jing , maka kita dapat melihat penggunaan kitab Yi Jing
adalah mengenai masalah pergerakan dan berhenti. Beranggapan jika ada gerakan , pertemuan
adalah hal yang baik memiliki masa depan. Dapat dikatakan bahwa Yi Jing telah menceritakan
masalah evolusi walau tidak secara jelas.
Yi Zhuan adalah kitab yang mencoba mengartikan, menyempurnakan dan mengembangkan Yi
Jing oleh para terpelajar jaman dahulu. Tidak bisa dikatakan penemuan satu org pada satu masa.
Adalah kitab mengenai Yi Jing yang dipakai oleh para Confuciusts serta dianggap kitab penting
yang terutama.
Yi Zhuan ada 10 bagian. Tuan awal , Tuan akhir ,Xiang awal dan akhir , Xi Ci awal dan akhir ,
Wen Yan , Shuo Gua , Xu Gua ,Za Gua.
Kitab Yi Zhuan memberi penjelasan yang baik soal Yi Jing. Misalnya kitab Yi Zhuan bab Xi Ci
awal mengatakan " 1 Yin dan 1 Yang bisa disebut adalah Dao" , disini bisa kita lihat kitab Yi
Zhuan memakai Yin Yang utk memahami Yao dan Gua. Shuo Gua juga menuliskan "Mengamati
Yin Yang kemudian membentuk Gua , mengembangkan dari keras dan lembut kemudian
melahirkan Yao"
Pemikiran Yin Yang sejak YinShang sudah muncul selain kitab Yi Jing juga banyak kitab2 klasik
lain yang mencatatnya. She Jing menuliskan " Matahari musim semi membawa Yang" Dan msh
banyak lagi kitab2 klasik lainnya. Kitab Huang Di Su Wen menuliskan "Yin Yang adalah Daonya
Langit dan Bumi , kondisi awal semuanya , berubah menjadi ayah adn ibu , awal lahir dan
kematian , Istana para Shen Ming(bisa diartikan dewa2 yang benar tapi pada jaman dahulu bisa
diartikan juga adalah semangat yang benar) juga." Guan Zi mengatakan "Yin Yang adalah dalil
besar mengenai Langit dan
Bumi" Wei NanZi "Yin Yang adalah keselarasan Langit dan Bumi "
Dari semua ini kita bisa melihat bahwa Yin Yang itulah awal segalanya, menggunakan Yin Yang
untuk menjelaskan fenomena segala hal yang ada ini dan membagi2 kriteria berdasarkan Yin
Yang.
Dalam kitab Huang Di Zai Jing (kitab Huangdi mengenai Rumah) mengatakan "Mereka yang
tinggal di rumah juga merupakan bagian dari Yin Yang , semua manusia pasti tinggal disuatu
tempat dan tidak ada yang tinggal diluar rumah. Apapun bentuk tempat tinggalnya , besar kecil ,
indah buruk , bangunan maupun gubuk, tetap terkait dengan
Yin Yang, dan ketika tinggal itulah ada yang disebut baik dan buruk/jelek ( catatan :menurut
hitungan Yin Yang , bukan berdasarkan keindahan bangunan)." selanjutnya ditulis pula " Yin
adalah Bunda dari segalnya , Yang adalah Bapak dari segalanya.Merupakan awal dari Langit dan
Bumi, juga adalah Janin Yang Agung."
Yin Yang inilah yang merupakan awal dari semua teori Hong Sui.
Misteri Angka Dalam Perjalanan Nasib Anda
Pengaruh getaran alam raya
Tak pernah bisa dilacak dengan pasti sejak kapan fenomena kepercayaan terhadap kekuatan baik
dan buruk angka mulai dikenal orang. Namun diduga, Pythagoras - figur seniman, filsuf, dan guru
dari abad 6 SM, secara tak langsung mendorong para pengikutnya melahirkan pemahaman baru,
Phitagoras memandang alam berkaitan erat dengan matematika, sedangkan segala sesuatu di
dalamnya adalah angka. Dengan mengkonversikan setiap unsur alam menjadi angka, usaha untuk
memahami sifat alam raya pun semakin mudah.
Dengan cara ini, bisa ditemukan urutan dan keteraturan di balik berbagai sifat liar fenomena alam
dan kekacauan yang ditimbulkannya. Juga berbagai pengaruh baik dari luar yang juga dirasakan
di dalam diri setiap manusia. Prinsip Pythagoras yang selanjutnya berkembang menjadi dasar
numerologi Barat, cenderung memilih angka dengan pertimbangan jumlah variasi yang sangat
tidak terbatas, serupa dengan fenomena alam, namun kelebihannya, angka memiliki sifat
kerteraturan yang logis.
Implikasinya, manusia yang juga bagian dari alam berarti segala aspek kehidupan yang
melingkupinya pun - seperti karakter dan takdirnya - pun bisa dinyatakan dalam nomor, yang
kemudian menjadi salah satu di antara dua prinsip dasar numerologi. Numerologi bukan hanya
digunakan untuk menentukan watak dan nasib, namun juga agar orang bisa menapaki jalan
hidupnya dengan lebih mudah dan mencapai keberhasilan.
Salah satu yang sering diamati berdasarkan numerologi adalah nama seseorang. Menurut para
numerolog, nama terjadi tidak dengan kebetulan, dan erat hubungannya dengan kepribadian
pemiliknya. Nama dan karakter seseorang adalah bagian dari pola perputaran bumi yang sangat
kuat mempengaruhi alam bawah sadar orang tua saat menjelang kelahiran anaknya. Akhirnya,
orang tua pun memilih nama yang secara tepat mengekspresikan karakter dan nasib sang anak.
Pola perputaran bumi tersebut identik dengan pendapat bahwa alam terdiri atas sejumlah besar
getaran gelombang liar yang memberikan pengaruh berbeda bagi setiap individu. Alam raya
seakan instrumen musik raksasa yang terus menggetarkan dawainya dan menyuarakan nada yang
berbeda, yaitu angka 1 - 9 yang merupakan not dasar. Pengaruh energi di udara bebas yang
dihasilkannya akan memberikan akibat yang berbeda pada setiap orang, tempat, atau benda.
Faktor lain yang mendorong lahirnya numerologi adalah begitu banyaknya unsur yang saling
berlawanan di dunia ini. Para pengikut Pythagoras yakin, unsur-unsur tersebut - seperti siang-
malam, terang-gelap, panas-dingin, kering-basah, hidup-mati, baik-buruk, laki-perempuan, dll -
punya peran sangat penting dalam konstruksi alam. Dari pemahaman tersebut ditarik kesimpulan
berupa daftar karakter utama manusia yang saling berlawanan yang dianut dalam numerologi
Bila angka 1 mewakili karakter orang yang aktif, kuat, berinovasi, berbakat memimpin,
sebaliknya angka 2 untuk mereka yang pasif, lemah, pengikut. Angka 3 yang cerdas, kreatif,
beruntung, dan selalu berhasil, berlawanan dengan angka yang bodoh, kurang kreatif, kurang
beruntung, pekerja keras, mudah gagal. Jiwa petualang namun rapuh pada angka 5, tidak akan
dimiliki angka 6 yang sangat mapan. Kemisteriusan dan kesenangan menarik diri dari keramaian
Selengkapnya Download disini dalam ebook format PDF misteri-angka-dalam-perjalanan-nasib-anda.pdf
Patokannya pake kitab cina ya
BalasHapus