-->

KEPRIBADIAN MENURUT TEORI PSIKOANALISA SIGMUND FREUD

Dalam teori ini kepribadian di pandang sebagai suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem, yang memiliki fungsi, kelengkapan, prinsip operasi, dinamisme, dan mekanismenya sendiri sendiri. Ketiganya saling berkaitan dan membentuk suatu totalitas.


1. Id atau das es.
Merupakan sistem kepribadian yang paling dasar, dan mengandung naluri bawaan. Id bertindak sebagai penyedia atau penyalur energi yang di butuhkan oleh sistem tersebut untuk operasi atau kegiatannya. Dalam menjalankan fungsi dan operasinya di landasi oleh maksud mempertahankan konstansi /the principle of constancy, yang bertujuan untuk menghindari keadaan tidak menyenangkan dan mencapai keadaan yang menyenangkan /the pleasure principle.

2. Ego.
Merupakan sistem kepribadian yang bertindak sebagai pengarah individu kepada dunia objek dari kenyataan, dan menjalankan fungsinya berdasarkan prinsip kenyataan /the reality principle. Ego terbentuk pada struktur kepribadian individu sebagai hasil kontak dengan dunia luar.

3. Superego atau das ueberich.
Merupakan sistem kepribadian yang berisi nilai dan aturan yang bersifat evaluatif atau menyangkut baik buruk. Fungsi utama super ego adalah:
  • sebagai pengendali dorongan atau impuls naluri Id agar impuls tersebut tersalurkan dalam bentuk sesuatu yang bisa di terima oleh masyarakat.
  • mengarahkan ego pada tujuan yang sesuai dengan moral dibanding dengan kenyataan.
  • mendorong individu pada kesempurnaan.

Rating: 4.5

Related Posts Psikologi:

Kepribadian Menurut Teori Psikoanalisa Sigmund Freud
Abraham Maslow | Teori Kebutuhan Bertingkat
Hypnosis

Baca juga artikel Miau di blog yang lain di http://kitabkeilmuan.wordpress.com

Artikel Populer Blognya Miau


MAU PENGHASILAN TAMBAHAN DARI MEMASANG IKLAN DI BLOG KAMU? GRATIS, DAPATKAN PASSIVE INCOME TIAP MINGGUNYA. AYO LANGSUNG GABUNG KLIK TOMBOL MERAH DI BAWAH

 

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter