-->

Sejarah Perangkat Lunak


a. Era Pioner

Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan-sambungan kabel antarbagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung yaitu sebuah program untuk sebuah mesin  dengan tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses (dieksekusi).

b. Era Stabil

Sekarang banyak digunakan stabil komputer. Penggunaannya tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademisi, tetapi juga oleh kalangan industri. Selanjutnya perusahaan perangkat lunak bermunculan dan perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tetapi sudah banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu melayani banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).

 


c. Era Mikro

Sejalan dengan semakin luasnya pemakaian PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d. Era Modern

Sekarang ini perangkat lunak cukup mudah ditemukan, bukan saja sebuah superkomputer dengan multi prosesornya, sebuah komputer genggam juga dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Demikian juga peralatan rumah tangga seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, air conditioning (AC) dan microwave, telah pula dilengkapi dengan perangkat lunak untuk mengatur operasinya. Pembuatan sebuah perangkat lunak tidak lagi pekerjaan sekelompok orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang. Dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun terus meningkat. Selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal masukan berbentuk suara dan gambar.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter