-->

Perangkat Lunak Komputer


Sistem komputer memerlukan perangkat lunak agar dapat mengoperasikan seluruh sumber daya yang ada pada sistem tersebut.  Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Perangat lunak merupakan alat pemroses data.  Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =).  Dari operasi dasar ini disusun program/perangkat lunak. 
Tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak dari machine-likeberubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, disusun hierarki informasi mulai dari data/ fakta, setelah proses seleksi dan pengurutan data menjadi sesuatu yang berguna yaitu informasi. Susunan informasi yang sistematis melalui alur logika tertentu membentuk suatu knowledge. Gabungan knowledge dari berbagai sisi akan membangun wisdom.  Data yang sudah diproses telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan pemrosesan data hingga saat ini, seluruhnya menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit). 
Dari perkembangan perangkat lunak bisa dibayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak itu sendiri. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak adalah menggunakan aljabar Boolean yang direpresentasikan sebagai  bit, yaitu 1 (benar/on) atau 0 (salah/off). Cara ini  tentu sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika. Bentuk bit ini selanjutnya diubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri cukup menyulitkan karena dituntut menghapal banyak kode dan format (aturan) penulisannya juga cukup membingungkan. Dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mendekati bahasa manusia. Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks. Pembuatan perangkat lunak mengiuti urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter