-->

Perangkat Lunak Aplikasi Pada Komputer


Perangkat lunak aplikasi  merupakan perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri atas  Word Processor (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Secara khusus paket beberapa aplikasi  akan Anda pelajari pada semester berikutnya seperti pengolah kata, pengolah angka, pengolah basisdata, dan pengolah grafis.
Hal yang berkembang sangat pesat saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD(gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis). Perangkat lunak aplikasi umumnya dapat menangani data jenis:
a.      text: type face, type size (satuan point = 1/72"), type weight, type style, font 
b.     numbers 
c.      pictures 
d.     sound 
e.      video
                                               
Anda akan mempelajari perangkat lunak secara lebih mendalam pada semester depan. Berikut ini akan Anda pelajari secara umum atau garis besarnya perangkat lunak aplikasi.
a. Word Prosesor
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfectdan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya. Microsoft Word, selanjutnya disebut Word   merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan di sana sini sehingga lebih fleksibel digunakan dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program word   dan fasilitas lainnya akan bahas lebih lanjut, telah menghantarkan word   sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.

b. Spreadsheet
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel  merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excelini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.

c. Aplikasi Presentasi
Microsoft Power Point yang disingkat dengan nama Ms. Power Point merupakan program aplikasi presentasi canggih yang popular dan banyak digunakan saat ini. Microsoft Power Point akan sangat membantu kita dalam hal merancang, mendesain, membuat, dan mempresentasikan data dalam bentuk yang sangat indah dan elegan. Microsoft Power Point untuk saat ini dikembangkan terus dan ditingkatkan oleh Microsoft Corp. sehingga fungsinya bertambah dan dikonsentrasikan agar Microsoft Power Point ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.  

d. Aplikasi Basisdata
Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu untuk membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi yang kecil. Misalnya program untuk kasir di koperasi, penjualan untuk toko.  Elemen Access antara lain sebagai berikut:
1)      Table digunakan untuk menyimpan data
2)      Query digunakan untuk memanipulasi data
3)      Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dan lain lain.
4)      Report digunakan untuk membuat laporan
5)      Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.
6)      Switchboard digunakan membuat menu utama.

e. Aplikasi Grafis
Photoshop adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu proses manipulasi gambar. Pada dasarnya photoshop digunakan untuk melakukan tugas-tugas berikut ini :
1)     Membuat Tulisan dengan Efek Tertentu
            Kelebihan Photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristik.

2)     Membuat Tekstur dan Material yang Beragam
            Dengan langkah-langkah tertentu, seorang designer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, ait dan bermacam gambar lainnya.

3)     Manipulasi Gambar dan Photo yang sudah ada
            Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain: mengubah posisi gambar, komposisi warna, menyambung gambar, menambah border (frame) dan efek-efek lainnya.

4. Memproses Materi Web
            Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya let kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready™, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF. Untuk keperluan tersebut, kalian bisa menggunakan Macromec
Fireworks™ di samping Adobe Image Ready™.
Bab 4  Perangkat Lunak Komputer

 
 
Rangkuman
Perangkat lunak aplikasi  merupakan perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri atas  Word Processor (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Hal yang berkembang sangat pesat saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayeryang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD(gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Perangkat lunak aplikasi umumnya dapat menangani data jenis:
1)     text: type face, type size (satuan point = 1/72"), type weight, type style, font 
2)     numbers 
3)     pictures 
4)     sound 
5)     video.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter