-->

CARA BERMAIN DART lempar panah

Salam meong, artikel yang mau miau bahas sekarang mengenai CARA BERMAIN DART atau lempar panah serta ATURAN UMUM PERMAINAN DART dalam pertandingan. tapi sebelumnya mari kita bahas terlebih dulu aturan keamanan Cara Bermain Dart atau lempar panah ini, miau mau mengingatkan tentang keamanan dalam permainan ini. Penting dan mohon di baca serta perhatikan baik - baik untuk keamanan bersama.


PENTING!, TINDAKAN PENGAMANAN HARUS DI LAKUKAN DAN DITAATI, BACALAH PETUNJUK KEAMANAN DENGAN SEKSAMA . 

PERINGATAN! BUKAN MAINAN JANGAN DI MAINKAN OLEH ANAK – ANAK DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN

ATURAN KEAMANAN
  1. JIKA TIDAK DI PAKAI, SIMPAN SEMUA PANAH DENGAN CERMAT, JANGAN SAMPAI DI MAINKAN OLEH ANAK – ANAK.
  2. SEWAKTU MELEMPAR PANAH, JANGAN MEMUTAR BADAN DAN JANGAN MELEMPAR DARI BELAKANG BADAN, PANAH YANG DI LEMPAR SEMACAM INI AKAN LUPUT DAN BERBAHAYA BAGI ORANG YANG BERDIRI DI BELAKANG ANDA.
  3. SEWAKTU MELEMPAR PANAH PERHATIKAN JANGAN SAMPAI ADA ORANG ATAU BINATANG PELIHARAAN BERADA DI ANTARA PAPAN DAN ANDA ATAU BERDIRI DI DEKAT PAPAN. PANAH YANG MELESET DAN MEMANTUL DARI PAPAN SERING TERJADI (ATAU PANAH LAINNYA YANG SUDAH MENANCAP DI PAPAN) OLEH KARENA ITU PENONTON HARUS BERADA DI BELAKANG GARIS LEMPAR.
Setelah memahami aturan keselamatan CARA BERMAIN DART atau lempar panah, sekarang mari kita lanjutkan mengenai peraturan umum cara bermain dart atau lempar panah tersebut. silahkan di simak dengan seksama:
  1. Papan di gantung sedemikian rupa sehingga titik tengahnya tepat 68 inchi dari lantai dan jarak garis lempar adalah 8 kaki dari permukaan papan.
  2. Setiap pemain mendapat giliran untuk melempar panah sebanyak tiga buah.
  3. Buat menentukan siapakah yang memulai, setiap pemain melemparkan satu buah ke titik tengah papan, yang paling dekat ke titik tengah dialah yang mulai. Terkadang bisa juga pengundian menggunakan uang logam.
  4. Semua panah yang dilempar akan berlaku, panah yang tidak mengenai papan, meleset atau jatuh tidak mendapatkan angka. Sebuah panah yang menancap pada panah lainnya di hitung sebagai panah yang telah di lempar tetapi tidak mendapatkan angka.
  5. Angka di tentukan oleh titik kenanya pada papan berdasarkan kotak – kotak bergaris bukan berdasarkan warna.
  6. Pemberian angka walaupun terdapat banyak variasi dari permainan, kotak – kotak angka pada papan itu sendiri tidak berubah.
Sebagaimana gambar di bawah ini yang memperlihatkan cara bermain dart atau lempar panah, papan di bagi dalam segmen – segmen yang bernomor 1 hingga 20, di tambah dengan titik tenggahnya. Selain itu terdapat pula dua daerah lingkaran yang di batasi oleh garis – garis lingkaran. Daerah selebar 3/8 inchi antara garis – garis lingkaran luar melipatgandakan nilai angka dari segmen yang bersangkutan sedangkan daerah selebar 3/8 inchi antara garis – garis lingkaran sebelah dalam meliputi tiga nilai angka dari segmen yang bersangkutan.Perimeter dari titik tengah bernilai 50 angka. Permainan yang di lakukan dengan panah bernomor 20 angka adalah menjumlahkan semua score yang di peroleh.

posisi dart cara main dart  

CARA BERMAIN DART UNTUK PANAHAN TURNAMEN
Berbagai macam pertandingan dapat di mainkan, tetapi yang paling populer adalah “301” dan “501”. Prinsip dasar dari pertandingan ini adalah mengurangi score dari 301 atau 501.

CARA BERMAIN DART DAN ATURAN MAIN PERTANDINGAN “301”
  1. Sebelum score di hitung, pemain harus mulai dengan mendapatkan nilai “ganda” (nilai angka ganda apa saja). Hal ini berarti panah harus mengena daerah di antara dua garis lingkaran luar. Setelah suatu angka ganda di peroleh, maka perhitungan score ke angka 0 dimulai dengan angka ganda tersebut sebagai score pertama.
  2. Score di tentukan dengan mengurangi hasil dari setiap lemparan panah, dan di mulai dari angka 301. Ingatlah bahwa daerah di antara garis lingkaran luar adalah angka ganda dan di antara garis lingkaran dalam adalah angka triple dari segmen yang bersangkutan.
  3. Pemain harus mengurangi angkanya tepat ke 0 (nol), dengan panah terakhir sebuah nilai “ganda”. (pada tahap terakhir ini hanya di perlukan angka yang tepat) Misalnya, jika pemain itu masih memeiliki angka 32 maka sebelum tiba di angka nol dia harus mengenai angka 16 ganda. Jika angka 16 tunggal yang kena maka dia harus mengenai angka 8 ganda untuk mencapai nagka nol, dan seterusnya. Sudah tentu pemain harus memiliki angka sisa yang genap supaya bisa mendapatkan suatu angka ganda sebagai penutup.
  4. Jika pemain mendapatkan angka yang melebihi score yang di perlukan, maka nilai dari lemparantiga buah panah itu tidak berlaku. Scorenya adalah tetap angka yang di peroleh sebelum giliran itu, misalnya jika angka 16 di perlukan tetapi pemain mendapat angka 17 (sejumlah 17 dengan 3 x lemparan) maka scorenya tetap 16. Dan apabila nilai 16 tunggal di peroleh maka scorenya tetap masih sisa 16 angka. Lemparan ini juga tidak berlaku karena lemparan terakhir harus mendapatkan nilai ganda. Jika pemain mendapat angka 14, maka angka tersebut juga tidak di hitung karena pemain tidak mendapatkan nilai meskipun ganda pada lemparan terakhirnya.
CARA BERMAIN DART DAN ATURAN MAIN PERTANDINGAN “501”
Pertandingan ini serupa dengan “301” kecuali syarat bahwa nilai ganda di permulaan pertandingan tidak di terapkan. Pertandingan ini mengurangi score 501 semula sampai ke score 0. Ketentuan untuk menutup petandingan ini pada 0 dengan lemparan nilai ganda juga berlaku. Untuk pertandingan beregu, scornya dapat di mulai dari 601 atau lebih, tergantung pada jumlah anggota beregu, pada umumnya pertandingan kejuaraan menggunakan score 501.

CARA BERMAIN DART CRICKET
Pertandingan cricket berlainan dengan dua macam pertandingan yang di uraikan sebelumnya, dalam pertandingan cricket ini terdapat unsur strategi. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.
  1. Tujuan pertandingan ini adalah “menutup” supaya lawan tidak dapat memperoleh nomor 20,19,17,16,15 dan titik titik tengan dengan cara melemprkn tiga panah yang kena pada masing – masing daerah dengan nomor ini. Urutannya boleh sembarangan, sebuah panah yang mengenai daerah ganda atau triple memperoleh nilai ganda atau triple untuk segmen yang bernomor itu.
  2. Jika tiga lemparan mengenai sebuah segmen tertentu, maka segmen itu tertutup untuk lawan. Dan setiap lemparan berikutnya hanya mendapatkan nilai apabila lemparan lawan belum menutup segmen yang bersangkutan.
  3. Lawan anda tidak dapat membuat score pada suatu segmen yang anda tutup, sebaliknya ia juga bisa mencegah anda memperoleh angka berikutnya dengan menutup suatu segmen tertentu bagi anda.
CARA BERMAIN DART ALL FIVES (angka lima)
Perhitungan sama seperti perhitungan turnamen, tetapi score harus dapat di bagi dengan 5, dan semua lemparan berlaku, jika panah jatuh di luar lemparan triple, hitungan tidak berlaku. Setiap angka lima di hitung sebagai satu nilai.

CARA BERMAIN DART CLOCK BASEBALL
Baseball juga dapat di mainkan dengan papan bernomor 20 ini. Setiap pemain melemparkan 3 buah panah. Mula – mula di lempar ke segmen dengan nomor satu. Sebuah panah yang mengenai segmen ini di hitung sebagai 1run, jika mengenai daerah 1 ganda di hitung 2 run, jika mengenai segmen triple di angka satu di hitung sebagai 3 run. Setiap lemparan yang mengena segmen lainnya di hitung sebagai “keluar”. Lawan kemudian melemparkan 3 panahnya ke segmen bernomor 1. Sewaktu giliran berikutnya pemain melempar ke segmen dengan nomer 2 dan seterusnya sampai nomer 9 atau innings. Pemain yang menang adalah pemain yang mendapatkan run paling banyak.

CARA BERMAIN DART BASEBALL PANAHAN
Baseball panahan di mainkan pada papan baseball, dan semua peraturan baseball berlaku. Jika 2 orang yang bertanding, pemain pertama melemparkan panah sampai dia membuat 3 out lalu ia mencatat scorenya di setengah pertama inning. Pertandingan berlanjut sampai sembilan inning di mainkan. Jika regu yang bertanding, pemain pertama dari regu A melemparkan panah sampai ia mendapatkan sebuah “out” atau “hit”. Lalu pemain kedua dari regu yang sama mendapatkan gilirannya dan seterusnya sampai regu A itu mendapatkan tiga “out” pertandingan berlanjut sampai 9 inning di mainkan oleh setiap regu.

Demikian ulasan miau tentang CARA BERMAIN DART lempar panah dengan berbagai macam cara permainan yang biasa di lakukan dalam dart game ini, semoga bermanfaat dan enjoy dalam permainannya. Sekali lagi bila anda sudah membaca aturan keamanan cara bermain dart lempar panah mohon untuk di laksanakan. Rating: 4.5

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter