-->

Cara Instalasi Windows dari Flashdisk


Instalasi Windows umumnya pasti menggunakan CD/DVD instaler, itupun untuk PC atau laptop. Tapi terkadang kalo menggunakan CD/DVD instaler selain suka ada masalah mulai dari CD/DVD nya rusak bahkan CD/DVD drive nya yang rusak atau kurang daya bacanya, juga kalaupun mulus terkadang prosesnya lama. Nah… lalu bagaiman untuk notebook yang tidak ada CD/DVD drive nya? Mudah, tinggal kita siapkan flashdisk kapasitas 2 giga (Windows XP) atau 4 giga (Windows Vista / 7) serta sebuah aplikasi yang beranama WinToFlash.

Caranya :

  1. Siapkan flashdisk dan CD/DVD ataupun ISO Instalasi Windows (XP, Vista maupun 7)
  2. Download WinToFlash di sini
  3. Sebelumnya kita pindahkan dulu data yang ada di flashdisk karena nanti akan ada proses format disk.
  4. Non aktifkan kan dulu antivirus untuk mempercepat proses copy file ke flashdisk dan pastinya kalau antivirus nonaktif maka jangan lakukan koneksi internet.
  5. internet. Untuk lebih mempercepat lagi, copykan dulu seluruh file instalasi windows yang ada di CD/DVD instalasi ke harddisk kecuali jika anda sudah memiliki file ISO nya.
  6. Setelah langkah 1 s/d 5 di atas sudah anda lakukan, extrak file WinToFlash.rar nya dan langsung jalankan WinToFlash.exe (tidak ada proses instalasi karena aplikasi ini bersifat portable)
  7. Selanjutnya kita ikuti saja langkah-lankahnya, mudah kok alias user friendly ga perlu dijelaskan.
  8. Tapi ingat… anda harus sabar, apalagi untuk windows vista atau 7.. nanti ada proses copy yang kelihatannya ga berjalan. Nah jangan di close nanti juga akan selesai sendiri.
  9. Apabila proses copy file sudah selesai, di close saja.
  10. Kemudian ejek flashdisk dan flashdisk anda sudah menjadi flashdisk instalasi Windows.
  11. Cara instalasai Windows nya juga mudah, sama seperti instalasi biasa asal PC anda suport booting dari removable disk, kalau untuk Laptop dan notebook sepertinya pasti sudah suport.
  12. Untuk mengatur agar booting nya dari flashdisk, kita harus masuk dulu ke menu bios dan setting first bootingnya dari removable disk, save change and exit kemudian y. udah… maka booting akan langsung dari flashdisk


Cara ini sudah saya lakukan dan berhasil tanpa ada masalah.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter