-->

PRODUK DARI APPLE™ TIDAK RAMAH LINGKUNGAN


Sementara orang banyak menggilai produk Apple karena inovasinya yang tidak membuat penggunanya merasa ribet, dengan bentuknya yang tipis dan kecanggihannya yang memudahkan pengoperasian, kabar mengejutkan datang dari Kyle Wiens pakar elektronika dari California AS. Wiens mengatakan bahwa produk Apple tidak ramah lingkungan.

Produk terbaru nya seperti laptop MacBook Pro dengan Retina Display resolusi tinggi merupakan salah satu contoh produk yang dicap tidak ramah lingkungan. Pasalnya, laptop terbaru yang amat tipis itu menggunakan trik mengelem banyak komponennya, agar tidak memakan tempat. Hal ini menyulitkan reparasi maupun daur ulang produk bersangkutan.

Wiens bisa mengatakan hal tersebut, karena ia memiliki kebiasaan membongkar gadget terbaru yang ia beli untuk ia telaah.Juga laptop Apple terbaru, MacBook Pro dengan Retina Display resolusi tinggi dibongkar oleh Wiens dan timnya. "Setelah dibongkar, dengan cepat kami melihat adanya masalah," kata Wiens. Apple mengelem accu pada body laptop. "Nyaris tidak mungkin melepas accu dari body laptop," tambahnya. "Jika accunya suatu hari nanti rusak, dan kasus semacam itu sering terjadi, hanya bagian service Apple yang dapat mengganti suku cadang bersangkutan. Tapi banyak orang enggan menyerahkan laptop yang berisi data sensitif ke bagian service perusahaan," tegas Wiens.

Di kalangan perusahaan daur ulang sendiri produk buatan Apple terkenal, sebagai amat sulit diolah kembali. Sebuah perusahaan daur ulang yang tidak mau disebut namanya, mengatakan, banyak produk Apple menerapkan teknik pengeleman, yang menyulitkan pemisahan komponennya.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter