-->

Perumpamaan Kelereng Dalam Bejana

Sebuah masalah, seumpama sebuah kelereng di dalam tabung bejana. Masukkan 1 kelereng ke dalamnya dan aduklah dengan sendok. Adukan sendok belum tentu membuat sentripetal kelereng terlempar keluar dari dalam kelereng. Tetapi coba kita masukkan lagi hingga terdapat 2 - 3 kelereng. Maka adukan itu akan membuat salah satu kelereng terlempar keluar, bahkan ketiga kelereng bisa terlempar semuanya " keluar " dari dalam bejana, karena kinematika vektor membuat percepatan arah kelereng bergerak melompatkan keluar dari sumbu index nya.

Sama seperti hidup.

Ketika anda mempunyai 1 masalah ( kelereng ). Anda aduk. Maka masalah itu masih tetap ada. Tidak akan keluar dari kubangan bejana. Tetapi ketika anda ditambahkan 2 masalah ( kelereng ) di dalam bejana. Maka ( biasanya ) anda akan tetap mengeluh. Tetapi ketika masalah itu terus menerus di aduk oleh waktu, sistem, dan keadaan. Maka masalah itu seperti sebuah tumbukan yang saling berlawanan. Sehingga semua masalah akan " keluar " dari dalam bejana / dirimu. Sehingga anda menjadi bebas masalah. Anda tak akan menyadari ketika hukum alam menguasai dirimu. Namun kinematika alam telah mengajarkan konsep, bahwa putaran sumbu poros alam semesta, akan menguasai hidup kita.

Bagaimana contoh-contoh yang lain ?
Sudu - sudu turbin, kipas angin, Jam dinding, kapal selam, helikopter, sepeda pancal, ban becak, ruji-ruji, gear box, sproket, mesin jahit, dll ... apapun kinematika dan dinamika , akan menjadi pemicu keseimbangan pengertian permasalahan hidup buat anda semuanya.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter