-->

MACAM-MACAM ISI PRIMBON

pastinya kamu sudah tidak sabar lagi kan pengen tahu apa sih macam-macam isi primbon.biar semua tidak penasaran dengan macam isi primbon.kamu harus tahu juga isi primbon karena isi primbon sangatlah beraneka ragam.Mulai dari pengetahuan mengenai sistem penanggalan jawa, hingga catatan mengenai cara memilih kuda yang baik. Tetapi yang paling mendominasi isi kitab Primbon adalah perhitungan-perhitungan ramalan, yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah petungan.

Selain itu, Primbon juga memuat catatan tanda-tanda alam atau yang sering disebut dengan ngalamat, katuranggan, dan lain-lain. Primbon menjabarkan pula tentang watak-watak waktu. Primbon digunakan sebagai pedoman dan selalu berisi catatan sistem penanggalan, sistem muslim, dan sistem waktu lainnya. Pada intinya, kitab Primbon adalah kumpulan pengetahuan yang digali dari berbagai sumber ilmu, untuk keselamatan dan kebahagiaan pembacanya.

Disamping berisi pengetahuan untuk meraba-raba masa depan, Primbon biasanya juga berisi uraian-uraian tentang ilmu kebatinan (kejiwaan), ilmu-ilmu kesaktian (Kanuragan), ilmu pengobatan, dan jimat (azhimat) serta mantra-mantra sakti. catatan-catatan lainnya yang ada di dalam kitab Primbon adalah ajaran tasawuf Islam para Walisanga (Suluk), tata cara adat-istiadat Jawa, sastra-sastra kuno ciptaan para pujangga, dan dongeng-dongeng. Bahkan terkadang Primbon sering diisi dengan tulisan catatan pribadi sang pemilik, jika hal itu memang dirasa penting untuk diperhatikan oleh anak cucu.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter