-->

Tentang puasa 2013


Primbon-arti.blogspot.com

Puasa merupakan suatu keadaan yang secara medis dikenal sebagai prolonged intermittent fasting. Puasa adalah pengaturan makan, biasanya makan 3 kali menjadi 2 kali dengan jarak antara 2 makan sekitar 14 jam yaitu tidak mengonsumsi makan dan minum mulai dari sahur sampai berbuka.


Dengan pengaturan makan ini akan terjadi pengurangan asupan makan atau asupan kalori. Ini berarti asupan lemak juga berkurang.

Asupan lemak yang berkurang akan mengurangi asupan kolesterol. Menurut dokter Ari Fahrial Syam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis (19/7),  jika seseorang berpuasa dengan baik, maka parameter laboratorium akan membaik.

Kolesterol total, trigliserida akan menurun, begitu pula kolesterol jahat (LDL) juga akan menurun. Kadar asam urat mestinya juga menurun, begitu pula  bagi orang yang memang sudah menderita gula darah tinggi, gula darahnya juga terkontrol.

“Berbagai penelitian pada penduduk yang berpuasa  melaporkan penurunan kadar LDL dan meningkatnya kadar HDL, hal ini jelas positif untuk pencegahan penyakit kardiovaskuler. Hal ini tidak terwujud kalau kita menerapkan budaya balas dendam saat berbuka dengan mengonsumsi makan secara berlebihan,”jelas Ari

Dikatakan, selama melaksanakan puasa seorang perokok bisa mengurangi rokok. Selama puasa para perokok bisa berpuasa tidak merokok, karena merokok membatalkan puasa.

Para perokok dapat menahan diri untuk tidak merokok selama 14 jam. Setelah waktu berbuka sampai sahur lagi, perokok pun harus melakukan aktivitas sholat wajib dab sholat taraweh, serta perlu tidur.
Selama melakukan puasa aktivitas sehari-hari tetap dilakukan dan bahkan tidur sepanjang hari dengan alasan berpuasa tidak dianjurkan baik secara medis maupun secara agama,”kata Ari.

Ari menambahkan, menu yang dianjurkan saat berbuka dan sahur adalah jus buah, kurma, dan sayur-sayuran. Buah dan sayur mengandung serat, mineral, vitamin, antioksidan dan karbohidrat kompleks, untuk kacang-kacangan bahkan juga mengandung protein nabati.

Dengan berpuasa makan teratur, konsumsi karbohidrat dan lemak berkurang, rokok berkurang bagi yang merokok, tetap tetap beraktivitas dan konsumsi sayur dan buah-buahan. Rangkaian aktivitas sehat ini akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit degeneratif seperti stroke, sakit jantung dan obesitas.

cukup sekalian informasi seputar manfaat dari melakukan puasa secara kedokteran dan umum . puasa memang mengandung sejuta manfaat nah maka dari itu tidak salahnya kita mengajarkan kepada anak-anak kita untuk mulai belajar puasa . selamat berjuang ladies

Terimakasih
Primbon-arti.blogspot.com

Sumber: kabar24.com

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter